SBMPTN Sekolah Menengah Atas Bantu aku plis
ya plis

1.gaya gerak adalah...
2.manfaat gaya gerak?
3.contoh penerapan gaya gesek...

cuman tiga plis​

Bantu aku plis
ya plis

1.gaya gerak adalah...
2.manfaat gaya gerak?
3.contoh penerapan gaya gesek...

cuman tiga plis​ Gaya Gesek adalah gaya yang muncul karena dua permukaan yang saling bersentuhan. Semakin kasar permukaan benda, semakin besar gaya geseknya. Semakin halus permukaan benda maka semakin kecil gaya geseknya. Manfaat gaya gesek yaitu: memungkinkan kita berjalan tanpa tergelincir, membuat suatu benda yang bergerak bisa berhenti, menahan benda supaya tidak bergeser, menghangatkan tubuh, saat kita menggosokkan telapak tangan ke permukaan kulit maka gesekan akan menimbulkan panas, dan membuat api, bisa dari gesekan dua buah batu atau gesekan dari batang korek api. Gaya gesek sering diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Contoh penerapan gaya gesek dengan memperbesar gaya gesek yaitu: ban mobil atau motor terbuat dari bahan karet dan beralur agar tidak tergelincir, bagian alas sepatu juga dibuat dari karet dan memiliki alur sehingga kita tidak mudah terpeleset saat menggunakannya, dan gesekan pada rem sepeda yang membuatnya dapat berhenti.

1. gaya gerak adalah dorongan atau tarikan yang menyebabkan benda bergerak. Maka jika kita menarik atau mendorong benda hingga bergerak, kita telah memberikan gaya terhadap benda tersebut. Besar kecilnya gaya dapat diukur menggunakan alat yang bernama neraca pegas atau dinamometer.

Gaya gesek adalah gaya yang berarah melawan gerak benda atau arah kecenderungan benda bergerak. Gaya gesek muncul apabila dua buah benda bersentuhan.

2. -membantu benda bergerak tanpa rgelincir.

-untuk menghentikan benda yang sedang bergerak.

-menahan benda agar tidak bergeser.

3. -gesekan ban kendaraan dengan jalan sehingga ban menipis.

-gaya gesek antara telapak kaki dengan lantai saat kita melangkah.

- gaya gesek antara telapak tangan dengan benda yang dipegang.

- gaya gesek antara spidol dan papan tulis saat menulis atau menggambar.

- gaya gesek antara penghapus dan kertas saat menghapus tulisan pensil.

- gaya gesek antara roda sepeda yang bergerak dan jalan.

- gaya gesek antara lantai dan lemari saat digeser.

kalo salah mohon di koreksi

semoga bermanfaat ^_^

[answer.2.content]